pages bg right

Jumat, 30 November 2012

Tutorial Game Menghindar


Membuat game "hindari Kotoran Sapi"
Di game yang akan kita buat ini kita akan mengendalikan sebuah telapak tangan untuk menghindari kotoran sapi yang jatuh selama mungkin. Cara bermainnya sangat mudah anda hanya tinggal menggerakkan mouse saja untuk mengendalikan tangannya.
title-game
1. Buatlah sebuah flash document dengan panjang 300px serta lebar 400px dan juga 12fps sebagai frame rate
2. Buatlah 3 buah layer dan berikan nama berikut pada masing-masing layer : Label, AS, Game.
3. Insert blank keyframe pada frame 7 dan 13 di layer Label. Berikan menu, game, gameover sebagai frame label pada frame 1, 7, dan 13
4. Insert blank keyframe pada frame 7 dan 13 di layer AS.
5. Insert blank keyframe pada frame 7 dan 13 di layer Game.
6. Insert frame pada frame 20 di layer Label, AS, dan Game. Sehingga timeline akan tampak seperti di bawah ini:
timeline-first
Tampilan timeline pertama
7. Klik frame 1 pada layer Game kemudian buatlah sebuah persegi panjang dengan panjang dan lebar yang sama dengan stage. Berikan warna linear dengan kode #FFFFFF dan #003163 pada persegi panjang tersebut. Copy  persegi panjang tersebut dan paste-kan di frame 7 dan 13 pada layer Game.
persegipanjang
Gambar persegi panjang
8. Klik frame 1 pada layer Game kemudian buatlah sebuah static text dengan tulisan MAIN. Gambarlah sebuah persegi panjang berwarna biru dengan luas sama dengan luas text. Tempatkan persegi panjang tersebut di tengah-tengah kalimat MAIN. Seleksi text dan persegi panjang lalu tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukan main_btn sebagai Name dan Button sebagai Type lalu tekan OK
9. Seleksi main_btn lalu tekan F9. Pada kotak actions yang muncul berikan script berikut:
1
2
3
4
on (release) {
	//mainkan frame berlabel game
	_root.gotoAndPlay("game");
}
10. Klik 2 kali main_btn untuk masuk ke dalam stage button tersebut. Klik kanan frame Over dan pilih Insert Keyframe. Ubah warna huruf MAIN di frame Over menjadi lebih muda.
11. Klik kanan frame Down dan pilih Insert Keyframe. Ubah warna huruf main di frame Down menjadi lebih tua. Lalu tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage scene 1
12. Buatlah sebuah 2 buah static text dengan masing-masing diberi tulisan Hindari Kotoran Sapi!!! dan Hindari kotoran sapi yang datang selama mungkin dengan cara menggerakan mouse.
13. Buatlah gambar seperti di bawah ini :
mm-pic
Gambar hiasan di menu utama
14. Letakan objek-objek di frame 1 layer Game seperti di bawah ini:
title-game
Tampilan menu utama
15. Klik frame 7 layer Game kemudian gambarlah seperti di bawah ini:
player
Gambar pemain
16. Seleksi gambar tersebut lalu tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukan pemain sebagai Name dan Movie clip sebagai Type lalu tekan OK.
17. Klik Movie clip pemain dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul berikan pemain sebagai Instance name.
18. Pastikan anda tidak menyeleksi 1 objek pun di stage. Buatlah gambar seperti di bawah ini:
musuh
Gambar bom/musuh
19. Seleksi gambar tersebut dan tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukan bom sebagai Name dan Movie clip sebagai Type lalu tekan OK
20. Hapus movie clip bom di stage kemudian bukalah panel Library dengan menekan Ctrl+L. Klik kanan movie clip bom di kotak Library dan pilih Linkage.
21. Pada kotak dialog Linkage Properties yang muncul berikan tanda centang pada Export for Actionscript dan masukan bom sebagai Identifier lalu tekan OK.
22. Buatlah 2 buah dynamic text dengan masing-masing Var : minute dan second.
23. Buatlah 2 buah static text dengan masing-masing diberi tulisan waktu dan :
24. Tatalah objek-objek di stage frame 7 layer Game seperti gambar di bawah ini:
game-pic
Tampilan di frame 7 layer Game
25. Klik frame 13 layer Game. Buatlah sebuah static text dengan tulisan MAIN LAGI. Gambarlah sebuah persegi panjang berwarna biru dengan luas sama dengan luas text.
26. Tempatkan persegi panjang tersebut di tengah-tengah kalimat MAIN LAGI. Seleksi text dan persegi panjang lalu tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukan mainlagi_btn sebagai Name dan Button sebagai Type lalu tekan OK
27. Seleksi mainlagi_btn lalu tekan F9. Pada kotak actions yang muncul berikan script berikut:
1
2
3
4
on (release) {
	//mainkan frame berlabel menu
	_root.gotoAndPlay("menu");
}
28. Klik 2 kali main_btn untuk masuk ke dalam stage button tersebut. Klik kanan frame Over dan pilih Insert Keyframe. Ubah warna huruf MAIN di frame Over menjadi lebih muda.
29. Klik kanan frame Down dan pilih Insert Keyframe. Ubah warna huruf main di frame Down menjadi lebih tua. Lalu tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage scene 1
30. Buatlah 2 buah dynamic text dengan masing-masing Var : minute dan second.
31. Buatlah 5 buah static text dengan masing-masing diberi tulisan Aaaaaarrrrggghhhhhh!!!!!!!, Anda Hanya dapat bertahan selama, Cucilah Tangan Dengan Sabun Sebelum Makan!, menit dan detik
32. Buatlah sebuah gambar seperti di bawah ini :
no-hand
Gambar hiasan di game over
33. Atur letak objek-objek yang berada di frame 13 layer Game seperti gambar di bawah ini:
go-pic
Tampilan di frame 13 layer Game
34. Klik frame 1 layer AS dan tekan F9. Pada kotak Actions yang muncul masukan script berikut:
1
stop();
35. Klik frame 7 layer AS dan tekan F9. Pada kotak Actions yang muncul masukan script berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
63
64
65
stop();
speed = random(5)+8;
mili = 0;
detik = 0;
menit = 0;
waktu_hidup = true;
onEnterFrame = function () {
	//membuat waktu
	if (menit<10) {
		_root.minute = "0"+menit;
	} else {
		_root.minute = menit;
	}
	if (detik<10) {
		_root.second = "0"+detik;
	} else {
		_root.second = detik;
	}
	if (waktu_hidup) {
		mili++;
		if (mili == 12) {
			detik += 1;
			mili = 0;
		}
		if (detik>60) {
			menit += 1;
			detik = 0;
		}
	}
};
pemain.onEnterFrame = function() {
	//mengganti kursor mouse
	Mouse.hide();
	this._x = _root._xmouse;
	this._y = _root._ymouse;
};
function buatbom() {
	//menempatkan movie clip berlinkage bom ke stage dengan posisi x di koordinat acak 300 dan posisi y di koordinat -50
	animasi_bom = attachMovie("bom", "bom"+_root.getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth(), {_x:random(300), _y:-50});
	animasi_bom.onEnterFrame = function() {
		//kecepatan turun
		this._y += speed;
		//jika menabrak movie clip pemain
		if (this.hitTest(pemain)) {
			//nilai waktu_hidup diubah menjadi false
			waktu_hidup = false;
			//mainkan frame berlabel gameover
			gotoAndStop("gameover");
			//hentikan
			clearInterval(Int);
		}
		//jika frame berada di lebih dari frame 12
		if (_currentframe>12) {
			//hapus movie clip ini
			removeMovieClip(this);
		}
		//jika posisi y movieclip ini lebih dari atau sama dengan 410
		if (this._y>=410) {
			//hapus movie clip ini
			removeMovieClip(this);
		}
	};
}
//jalankan function buatbom setiap hitungan 450
Int = setInterval(buatbom, 450);
36. Klik frame 13 layer AS dan tekan F9. Pada kotak Actions yang muncul masukan script berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
stop();
Mouse.show();
onEnterFrame = function () {
	//menampilkan waktu
	if (menit<10) {
		_root.minute = "0"+menit;
	} else {
		_root.minute = menit;
	}
	if (detik<10) {
		_root.second = "0"+detik;
	} else {
		_root.second = detik;
	}
};
37. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya

0 komentar:

Posting Komentar