Tutorial Game Menghindar
Diposting oleh
GAME KITA
di
16.01
Membuat game "hindari Kotoran Sapi"
Di game yang akan kita buat ini kita akan mengendalikan sebuah telapak tangan untuk menghindari kotoran sapi yang jatuh selama mungkin. Cara bermainnya sangat mudah anda hanya tinggal menggerakkan mouse saja untuk mengendalikan tangannya.
 1. Buatlah sebuah flash document dengan panjang 300px serta lebar 400px dan juga 12fps sebagai frame rate
1. Buatlah sebuah flash document dengan panjang 300px serta lebar 400px dan juga 12fps sebagai frame rate
2. Buatlah 3 buah layer dan berikan nama berikut pada masing-masing layer : Label, AS, Game.
5. Insert blank keyframe pada frame 7 dan 13 di layer Game.
6. Insert frame pada frame 20 di layer Label, AS, dan Game. Sehingga timeline akan tampak seperti di bawah ini:
14. Letakan objek-objek di frame 1 layer Game seperti di bawah ini:
15. Klik frame 7 layer Game kemudian gambarlah seperti di bawah ini:
23. Buatlah 2 buah static text dengan masing-masing diberi tulisan waktu dan :
24. Tatalah objek-objek di stage frame 7 layer Game seperti gambar di bawah ini:
34. Klik frame 1 layer AS dan tekan F9. Pada kotak Actions yang muncul masukan script berikut:
35. Klik frame 7 layer AS dan tekan F9. Pada kotak Actions yang muncul masukan script berikut:
36. Klik frame 13 layer AS dan tekan F9. Pada kotak Actions yang muncul masukan script berikut:
37. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya
Membuat game "hindari Kotoran Sapi"
Di game yang akan kita buat ini kita akan mengendalikan sebuah telapak tangan untuk menghindari kotoran sapi yang jatuh selama mungkin. Cara bermainnya sangat mudah anda hanya tinggal menggerakkan mouse saja untuk mengendalikan tangannya.

2. Buatlah 3 buah layer dan berikan nama berikut pada masing-masing layer : Label, AS, Game.
3. Insert blank keyframe pada frame 7 
dan 13 di layer Label. Berikan menu, game, gameover sebagai frame label 
pada frame 1, 7, dan 13
4. Insert blank keyframe pada frame 7 dan 13 di layer AS.5. Insert blank keyframe pada frame 7 dan 13 di layer Game.
6. Insert frame pada frame 20 di layer Label, AS, dan Game. Sehingga timeline akan tampak seperti di bawah ini:
Tampilan timeline pertama
7. Klik frame 1 pada layer Game kemudian
 buatlah sebuah persegi panjang dengan panjang dan lebar yang sama 
dengan stage. Berikan warna linear dengan kode #FFFFFF dan #003163 pada 
persegi panjang tersebut. Copy  persegi panjang tersebut dan paste-kan 
di frame 7 dan 13 pada layer Game.
Gambar persegi panjang
8. Klik frame 1 pada layer Game 
kemudian buatlah sebuah static text dengan tulisan MAIN. Gambarlah 
sebuah persegi panjang berwarna biru dengan luas sama dengan luas text. 
Tempatkan persegi panjang tersebut di tengah-tengah kalimat MAIN. 
Seleksi text dan persegi panjang lalu tekan F8. Pada kotak dialog yang 
muncul masukan main_btn sebagai Name dan Button sebagai Type lalu tekan 
OK
9. Seleksi main_btn lalu tekan F9. Pada kotak actions yang muncul berikan script berikut:| 1 2 3 4 | on (release) { //mainkan frame berlabel game _root.gotoAndPlay("game"); } | 
10. Klik 2 kali main_btn untuk masuk ke 
dalam stage button tersebut. Klik kanan frame Over dan pilih Insert 
Keyframe. Ubah warna huruf MAIN di frame Over menjadi lebih muda.
11. Klik kanan frame Down dan pilih 
Insert Keyframe. Ubah warna huruf main di frame Down menjadi lebih tua. 
Lalu tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage scene 1
12. Buatlah sebuah 2 buah static text 
dengan masing-masing diberi tulisan Hindari Kotoran Sapi!!! dan Hindari 
kotoran sapi yang datang selama mungkin dengan cara menggerakan mouse.
13. Buatlah gambar seperti di bawah ini :
Gambar hiasan di menu utama
Tampilan menu utama
Gambar pemain
16. Seleksi gambar tersebut lalu tekan 
F8. Pada kotak dialog yang muncul masukan pemain sebagai Name dan Movie 
clip sebagai Type lalu tekan OK.
17. Klik Movie clip pemain dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul berikan pemain sebagai Instance name.
18. Pastikan anda tidak menyeleksi 1 objek pun di stage. Buatlah gambar seperti di bawah ini:
Gambar bom/musuh
19. Seleksi gambar tersebut dan 
tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukan bom sebagai Name dan 
Movie clip sebagai Type lalu tekan OK
20. Hapus movie clip bom di stage 
kemudian bukalah panel Library dengan menekan Ctrl+L. Klik kanan movie 
clip bom di kotak Library dan pilih Linkage.
21. Pada kotak dialog Linkage Properties
 yang muncul berikan tanda centang pada Export for Actionscript dan 
masukan bom sebagai Identifier lalu tekan OK.
22. Buatlah 2 buah dynamic text dengan masing-masing Var : minute dan second.23. Buatlah 2 buah static text dengan masing-masing diberi tulisan waktu dan :
24. Tatalah objek-objek di stage frame 7 layer Game seperti gambar di bawah ini:
Tampilan di frame 7 layer Game
25. Klik frame 13 layer Game. 
Buatlah sebuah static text dengan tulisan MAIN LAGI. Gambarlah sebuah 
persegi panjang berwarna biru dengan luas sama dengan luas text.
26. Tempatkan persegi panjang tersebut 
di tengah-tengah kalimat MAIN LAGI. Seleksi text dan persegi panjang 
lalu tekan F8. Pada kotak dialog yang muncul masukan mainlagi_btn 
sebagai Name dan Button sebagai Type lalu tekan OK
27. Seleksi mainlagi_btn lalu tekan F9. Pada kotak actions yang muncul berikan script berikut:| 1 2 3 4 | on (release) { //mainkan frame berlabel menu _root.gotoAndPlay("menu"); } | 
28. Klik 2 kali main_btn untuk masuk ke 
dalam stage button tersebut. Klik kanan frame Over dan pilih Insert 
Keyframe. Ubah warna huruf MAIN di frame Over menjadi lebih muda.
29. Klik kanan frame Down dan pilih 
Insert Keyframe. Ubah warna huruf main di frame Down menjadi lebih tua. 
Lalu tekan Ctrl+E untuk kembali ke stage scene 1
30. Buatlah 2 buah dynamic text dengan masing-masing Var : minute dan second.
31. Buatlah 5 buah static text dengan 
masing-masing diberi tulisan Aaaaaarrrrggghhhhhh!!!!!!!, Anda Hanya 
dapat bertahan selama, Cucilah Tangan Dengan Sabun Sebelum Makan!, menit
 dan detik
32. Buatlah sebuah gambar seperti di bawah ini :
Gambar hiasan di game over
33. Atur letak objek-objek yang berada di frame 13 layer Game seperti gambar di bawah ini:
Tampilan di frame 13 layer Game
| 1 | stop(); | 
| 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 | stop(); speed = random(5)+8; mili = 0; detik = 0; menit = 0; waktu_hidup = true; onEnterFrame = function () { //membuat waktu if (menit<10) { _root.minute = "0"+menit; } else { _root.minute = menit; } if (detik<10) { _root.second = "0"+detik; } else { _root.second = detik; } if (waktu_hidup) { mili++; if (mili == 12) { detik += 1; mili = 0; } if (detik>60) { menit += 1; detik = 0; } } }; pemain.onEnterFrame = function() { //mengganti kursor mouse Mouse.hide(); this._x = _root._xmouse; this._y = _root._ymouse; }; function buatbom() { //menempatkan movie clip berlinkage bom ke stage dengan posisi x di koordinat acak 300 dan posisi y di koordinat -50 animasi_bom = attachMovie("bom", "bom"+_root.getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth(), {_x:random(300), _y:-50}); animasi_bom.onEnterFrame = function() { //kecepatan turun this._y += speed; //jika menabrak movie clip pemain if (this.hitTest(pemain)) { //nilai waktu_hidup diubah menjadi false waktu_hidup = false; //mainkan frame berlabel gameover gotoAndStop("gameover"); //hentikan clearInterval(Int); } //jika frame berada di lebih dari frame 12 if (_currentframe>12) { //hapus movie clip ini removeMovieClip(this); } //jika posisi y movieclip ini lebih dari atau sama dengan 410 if (this._y>=410) { //hapus movie clip ini removeMovieClip(this); } }; } //jalankan function buatbom setiap hitungan 450 Int = setInterval(buatbom, 450); | 
| 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 | stop(); Mouse.show(); onEnterFrame = function () { //menampilkan waktu if (menit<10) { _root.minute = "0"+menit; } else { _root.minute = menit; } if (detik<10) { _root.second = "0"+detik; } else { _root.second = detik; } }; | 
 








 
 
 
 
 
0 komentar:
Posting Komentar