pages bg right

Jumat, 30 November 2012

Tutorial Membuat Game Maze

letak maze
Tutorial Membuat Game Maze
Kali ini kita akan membuat dasar dari game maze. Dari dasar game maze ini, kita dapat membuat berbagai macam variasi game.
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Buatlah sebuah garis persegi.
persegi
3. Buatlah beberapa garis seperti gambar dibawah ini :
garis maze
4. Setelah itu warnai bagian dalam kotak persegi tetapi bagian tengahnya tidak ikut diwarnai. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :
bagian yang diwarnai
5. Apabila ketika anda mewarnai, ternyata semua bagian ikut terwarna, maka ada bagian garis yang anda buat tidak terhubung.
contoh garis
6. Seleksi seluruh objek yang dibuat kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan Dinding sebagai name dan MovieClip sebagai type lalu tekan ok.
7. Seleksi movie clip Dinding kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan dinding di dalam kotak instance name.
8. Buatlah sebuah lingkaran. Seleksi lingkaran tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan Pemain sebagai name, MovieClip sebagai type, pastikan titik registrasinya berada ditengah-tengah lalu tekan ok.
pemain
9. Seleksi movie clip Pemain dan pada panel properties masukkan pemain didalam kotak instance name.
10. Letakkan movie clip Pemain dan movie clip Dinding seperti gambar di bawah ini :
letak maze
11. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
stop();
//jari-jari pemain
jarijari = pemain._width/2;
//kecepatan pemain bergerak
kecepatan = 5;
pemain.onEnterFrame = function() {
 //jika tombol panah kiri ditekan
 if (Key.isDown(Key.LEFT)) {
  //pemain bergerak ke kiri
  this._x -= kecepatan;
 }
 //jika tombol panah kanan ditekan
 if (Key.isDown(Key.RIGHT)) {
  //pemain bergerak ke kanan
  this._x += kecepatan;
 }
 //jika tombol panah atas ditekan
 if (Key.isDown(Key.UP)) {
  //pemain bergerak ke atas
  this._y -= kecepatan;
 }
 //jika tombol panah bawah ditekan
 if (Key.isDown(Key.DOWN)) {
  //pemain bergerak ke bawah
  this._y += kecepatan;
 }
 //membuat pemain tidak dapat melewati dinding
 while (dinding.hitTest(this._x, this._y+jarijari, true)) {
  this._y--;
 }
 while (dinding.hitTest(this._x, this._y-jarijari, true)) {
  this._y++;
 }
 while (dinding.hitTest(this._x-jarijari, this._y, true)) {
  this._x++;
 }
 while (dinding.hitTest(this._x+jarijari, this._y, true)) {
  this._x--;
 }
};
12. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya :


Tekan tombol panah untuk menggerakan pemain.
Sourcenya dapat di download di sini

0 komentar:

Posting Komentar